-->
  • Jelajahi

    Copyright © BATU BERTULIS NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Memperingati HUT RI Ke-76 Pejuang Darah Sekadau Adakan Donor Darah

    Bertulis Network
    Saturday 14 August 2021, August 14, 2021 WIB
    Antusias masyarakat saat mendonorkan darah nya. Sabtu (14/8/2021). Sumber foto : Rn/ Batubertulisnews.com
    Sekadau, Batubertulisnews.com - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI) serta sebagai bentuk aksi kemanusiaan Komunitas Pejuang Darah - Darah Pejuang, Kabupaten Sekadau adakan kegiatan donor darah di Rumah Betang Youth Center, Sekadau, Sabtu (13/8/2021).

    Kegiatan tersebut berkerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sekadau, Rumah Sakit Umum Dareh Kabupaten Sekadau dan Puskesmas Sekadau Hilir serta mengundang para instansi terkait LSM dan komunitas-komunitas lainya.
    digelar dengan menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19 secara ketat.

    Ketua Pejuang Darah - Darah Pejuang Kabupaten Sekadau, Subahan Syah Khan mengungkapkan kegiatan donor darah tersebut sudah dilakukan kedua kalinya, dimana sebelumnya dilakukan bulan Februari dan di bulan Agustus ini baru diadakan kembali.

    "Mengingat donor darah ini baru 2 kali dilakukan oleh komunitas pejuang darah-darah pejuang Kabupaten Sekadau, mudah-mudahan kegiatan ini menjadi agenda rutin Kita kedepannya" kata Subahan Syah Khan.

    Adapun target dari aksi donor darah tersebut Subahan Syah Khan mengatakan sebanyak 60 kantong darah, namun karena tidak lulus screening mengingat ada yang vaksin, minum obat dan tensi darah yang tinggi dan rendah, hanya dapat diambil sebanyak 30 kantong

    "Ini menjadi bahan evaluasi kita kedepannya, agar dapat terpenuhi target nya, dengan mencari para pendonor yang sudah melakukan vaksinasi ke dua kalinya, atau dua munggu setelah vaksin dan sebelum donor jikalau bisa jangan konsumsi obat terlebih dahulu", Ungkapnya.

    Meski tidak sesuai target dirinya mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Sekadau atas partisipasi yang sudah ikhlas mendonorkan darah kepada orang yang membutuhkan.

    "Darah adalah sumber kehidupan jadi jika seseorang kekurangan darah, maka akan berakibat fatal, untuk itu saya mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Sekadau yang sudah mau menyumbangkan darahnya" Ungkap Subahan Syah Khan.

    Diakhir Subahan Syah Khan menghimbau kepada seluruh masyarakat Sekadau untuk tidak takut mendonorkan darah terutama disaat vandemi ini kebutuhan akan darah semakin meningkatkan sedangkan para pendonor berkurang.

    "Kami mengajak kepada seluruh masyarakat Sekadau untuk tidak takut mendonorkan darah nya dan donor darah sangat bermanfaat bagi kesehatan", pungkasnya.

    Sementara itu Hal senada juga disampaikan ketua panitia donor darah, Meliamus Acil Mengungkapkan Ini merupakan kegiatan yang kedua kalinya dilakuan, dirinya berharap kedepan agar lebih gencar mensosialisasikan kepada para masyarakat, terutama kepada ormas sekolah dan lain-lain.

    "Mengingat target dalam kegiatan tersebut 60 kantong darah mungkin yang terlearisasi sekitar 30 kantong darah. kita berharap dengan adanya kegiatan seperi ini masyarakat sadar untuk donor darah karena berbagi itu indah", Ungkapnya.

    Dengan adanya kegiatan donor darah ini Acil berharap kedepan komunikasi Pejuang Darah-Darah Pejuang dapat berkembang dan bisa diterima oleh masyarakat. Sehingga menjadi pelopor untuk pejuang darah untuk masyarakat yang ada di kabupaten Sekadau.

    "Jumlah komunitas pengurus hanya berdua, kalau untuk anggotanya kami ada seratus lebih namun tidak masuk pengurus dalam arti merdeka merupakan para pendonor aktif yang jika diperlukan mereka siap mendonorkan darah nya", tutupnya.

    Arzi (26) salah satu peserta donor darah Mengapresiasi Komunitas Pejuang Darah-Darah Pejuang Sekadau yang sudah melaksanakan kegiatan donor darah menurutnya kegiatan tersebut sangat membantu Palang Merah Indonesia (PMI) khususnya kabupaten Sekadau dalam menyediakan stok darah sehingga nantinya masyarakat yang membutuhkan darah tidak kesulitan lagi.

    "Saya sudah empat kali mengikuti kegiatan donor darah, dan hari ini ke-lima kalinya saya mendonorkan darah. selain untuk tujuan kesehatan, donor darah ini juga sebagai bentuk kepedulian sesama" ucapnya (Rn)

    Komentar

    Tampilkan